Putusan MK: Reaksi setelah MK tolak gugatan hasil Pilpres 2024, dari Prabowo hingga pengunjuk rasa - BBC News Indonesia (2024)

Putusan MK: Reaksi setelah MK tolak gugatan hasil Pilpres 2024, dari Prabowo hingga pengunjuk rasa - BBC News Indonesia (1)

Sumber gambar, ANTARA FOTO

Berbagai reaksi mengemuka setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak seluruh gugatan hasil Pemilihan Presiden 2024, pada Senin (22/04).

Anies dan Muhaimin: 'Koalisi Perubahan sudah selesai'

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, mengucapkan selamat untuk kemenangan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

"Kami sampaikan kepada Pak Prabowo dan Pak Gibran, selamat menjalankan amanat konstitusi, selamat bekerja menunaikan harapan rakyat yang kini diembankan di atas pundak bapak-bapak berdua," kata Anies dalam keterangan video di Jakarta, Senin (22/04) malam.

Putusan MK: Reaksi setelah MK tolak gugatan hasil Pilpres 2024, dari Prabowo hingga pengunjuk rasa - BBC News Indonesia (2)

Sumber gambar, ANTARA FOTO

Anies dan Muhaimin menyebut, koalisi perubahan sudah selesai usai putusan MK terkait sengketa Pilpres 2024.

"Koalisi perubahan secara target, tujuan dan fungsi sudah selesai," kata Muhaimin di Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jakarta, Senin (22/04) malam.

Lewatkan Artikel-artikel yang direkomendasikan dan terus membaca

Artikel-artikel yang direkomendasikan

  • MK putuskan Suhartoyo gantikan Anwar Usman sebagai ketua Mahkamah Konstitusi

  • KPU tetapkan nomor urut capres-cawapres, pencalonan Prabowo-Gibran sudah sah dan final?

  • Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud bersiap gugat hasil penghitungan suara ke MK, apa saja yang sudah diketahui?

  • Mahfud MD mundur dari jabatan Menkopolhukam, Jokowi tegaskan presiden dan menteri ‘boleh kampanye dan memihak’ di Pilpres 2024

Akhir dari Artikel-artikel yang direkomendasikan

Muhaimin yang juga Ketua Umum PKB menegaskan PKB sangat berharap bisa bekerja sama dengan Partai NasDem, PKS, dan partai-partai manapun.

"Itu memudahkan kalau kerja sama di masa datang," ujarnya.

sem*ntara itu, Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh, memberikan sinyal bakal merapat ke kubu pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan menyampaikan perumpamaan saatnya untuk menutup buku lama dan membuka buku baru.

Menurut Surya, bergabung dengan koalisi yang menang Pilpres 2024 merupakan keputusan terbaik untuk menjaga kepentingan bangsa dan stabilitas nasional.

“Maka wajar kita semuanya seharusnya ibarat menutup buku lama dan membuka buku baru. Itu harapan saya. Indonesia membutuhkan spirit, semangat ini. Kita boleh bertikai satu sama lain di dalam kompetisi, tetapi ketika kompetisi selesai, kita harus menghargai. Yang kalah menghargai yang menang, yang menang apalagi. Inilah kekuatan kita seharusnya," tutur Surya Paloh.

Prabowo: ‘Terima kasih MK’

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, berterima kasih kepada jajaran hakim MK karena telah menjalankan tugas menangani sengketa Pemilu 2024.

"Terima kasih untuk semua masyarakat, terima kasih untuk dukungannya, terima kasih kepada MK yang sudah menjalankan tugas yang berat," kata Prabowo di kediamannya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (22/04).

Putusan MK: Reaksi setelah MK tolak gugatan hasil Pilpres 2024, dari Prabowo hingga pengunjuk rasa - BBC News Indonesia (3)

Sumber gambar, ANTARA FOTO

Kini setelah proses di MK selesai, Prabowo beserta jajarannya tengah fokus mempersiapkan diri untuk memimpin Indonesia.

"Kita bersyukur proses di MK sudah selesai, dan kita sekarang tentunya melakukan persiapan-persiapan untuk menghadapi masa depan," kata Prabowo.

Mahfud MD: ‘Sepanjang sejarah MK, tidak pernah ada dissenting opinion menyangkut pemilu’

Calon wakil presiden nomor urut 03, Mahfud Md, menjelaskan bahwa kemunculan pendapat berbeda (dissenting opinion) dalam sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 menjadi sejarah baru terkait sengketa pemilu di MK.

Sebab, Pemilu 2004 hingga 2019 tak pernah ada dissenting opinion dalam sidang sengketa pemilu.

"Nah soal dissenting opinion, ini menarik, sepanjang sejarah MK, kalau menyangkut pemilu itu tidak pernah ada dissenting opinion. Saya mengikuti MK sejak awal, sampai sekarang tidak ada dissenting opinion dalam pemilu," ujar Mahfud saat konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta, Senin.

Baca juga:

  • MK tolak seluruh gugatan sengketa Pilpres 2024, apa saja dissenting opinion dari tiga hakim yang tak sependapat?
  • Politisasi bansos dinilai kian masif jelang Pilpres 2024 - 'Bawaslu sudah memberikan imbauan kepada presiden'
  • Apa saja ‘kejanggalan dan kronologi keanehan’ putusan Mahkamah Konstitusi soal batas usia capres?
Putusan MK: Reaksi setelah MK tolak gugatan hasil Pilpres 2024, dari Prabowo hingga pengunjuk rasa - BBC News Indonesia (4)

Sumber gambar, ANTARA FOTO

Mantan Ketua MK periode 2008-2013 ini mengatakan kode etik hakim mengatur apabila perkara yang menyangkut jabatan orang agar tidak sampai memunculkan dissenting opinion. Hal ini agar para hakim terlihat kompak dan tidak terjadi masalah.

Kalau ada yang tidak setuju, sambungnya, harus dikompakkan terlebih dulu. Namun, pada sengketa Pemilu 2024, suara hakim konstitusi tak bisa disatukan sehingga memunculkan dissenting opinion.

"Kalau ada yang tidak setuju, itu dikompakkan dulu. Tapi rupanya ini tidak bisa disatukan, sehingga terpaksa dissenting opinion," jelasnya.

Putusan MK: Reaksi setelah MK tolak gugatan hasil Pilpres 2024, dari Prabowo hingga pengunjuk rasa - BBC News Indonesia (5)

Sumber gambar, ANTARA FOTO

Mahfud Md mengucapkan selamat bertugas kepada presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Mahfud mengatakan dirinya dan Ganjar Pranowo telah menerima hasil yang telah diputuskan oleh hakim MK.

"Mas Ganjar dan saya tadi di MK juga sudah menyatakan ya menerima keputusan ini dengan lapang dada dan mengucapkan selamat kepada Pak Prabowo dan Mas Gibran atas keputusan hari ini dan selamat bertugas. Mudah-mudahan negara ini semakin baik," kata Mahfud, Senin (22/4).

"Artinya pemilu itu, Pilpres itu dari sudut hukum sudah selesai. Tidak ada lagi upaya hukum yang bisa dilakukan. Pokoknya Pilpres sudah selesai. Penentuan hasilnya, karena hasil Pilpres itu hanya ditentukan oleh Mahkamah Konstitusi, tidak ada upaya hukum lain," jelas Mahfud.

"Oleh sebab itu harus kita secara sportif menerima keputusan Mahkamah Konstitusi ini," sambung dia.

Pengunjuk rasa kecewa hasil putusan MK

Putusan MK yang menolak seluruhnya permohonan dari capres 01 Anies-Muhaimin diwarnai dengan orasi kekecewaan di luar gedung MK, Senin (22/04).

Seorang pendukung Anies-Muhaimin, Yulia Bhayangkari, menyatakan putusan MK “sangat kecewa dan melukai hati kami”.

“Sampai kapan pun, kami tidak akan terima pemilu hasil kecurangan,” kata perempuan dari Bandung, Jawa Barat, itu.

Pendemo lainnya, Didin Karyadi Galib dari Komunitas Pembela Negara, mengaku kecewa juga atas putusan MK. Menurutnya putusan ini bisa menurunkan citra lembaga tersebut.

Putusan MK: Reaksi setelah MK tolak gugatan hasil Pilpres 2024, dari Prabowo hingga pengunjuk rasa - BBC News Indonesia (6)

Pada pukul 16.45, tensi meningkat di kawasan Patung Arjuna Wijaya, beberapa ratus meter dari gedung MK.

Sejumlah pengunjuk rasa membakar beberapa kayu di tengah jalan sembari mengibarkan bendera merah-putih.

Putusan MK: Reaksi setelah MK tolak gugatan hasil Pilpres 2024, dari Prabowo hingga pengunjuk rasa - BBC News Indonesia (7)

Sumber gambar, ANTARA FOTO

Putusan MK: Reaksi setelah MK tolak gugatan hasil Pilpres 2024, dari Prabowo hingga pengunjuk rasa - BBC News Indonesia (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Patricia Veum II

Last Updated:

Views: 5552

Rating: 4.3 / 5 (44 voted)

Reviews: 91% of readers found this page helpful

Author information

Name: Patricia Veum II

Birthday: 1994-12-16

Address: 2064 Little Summit, Goldieton, MS 97651-0862

Phone: +6873952696715

Job: Principal Officer

Hobby: Rafting, Cabaret, Candle making, Jigsaw puzzles, Inline skating, Magic, Graffiti

Introduction: My name is Patricia Veum II, I am a vast, combative, smiling, famous, inexpensive, zealous, sparkling person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.